Senin, 10 Agustus 2020

HARI PRAMUKA BUKAN HUT PRAMUKA

 edigunawan#salam pramuka!

Setiap tanggal 14 Agustus, Pramuka seluruhIndonesia memperingati Hari Pramuka. Sebagian kalangan ada yang mengatakan HUTGerakan Pramuka atau HUT Pramuka, padahal tanggal 14 Agustus bukanlah harilahir Gerakan Pramuka. Tetapi mengapa Hari Pramuka jatuh pada tanggal 14Agustus?

Secara yuridis formal Gerakan Pramuka lahir padatanggal 20 Mei 1961, karena pada tanggal tersebut Pj. Presiden RepublikIndonesia menandatangani Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961. Berdasarkan keputusanpresiden tersebut, maka berbagai organisasi kepanduan yang ada di Indonesiamelebur menjadi satu organisasi yang disebut dengan Gerakan Kepanduan PrajaMuda Karana disingkat Gerakan Pramuka.

Walaupun secara yuridis formal Gerakan Pramukalahir pada 20 Mei 1961, namun pendidikan kepanduan dan organisasi kepanduanmuncul di Indonesia jauh sebelum Indonesia merdeka.

Konon terbitnya Keputusan Presiden nomor 238Tahun 1961 juga penuh dengan pergulatan politik, bahkan dokumen ini tidakditandatangani oleh Soekarno namun oleh Pejabat Presiden Ir. H. Djuanda padatanggal 20 Mei 1961. Pada saat itu Presiden Soekarno sedang melawat ke luarnegeri, pertanyaan yang mengemuka adalah mengapa tidak menunggu Presiden pulangke tanah air dan segenting itukah penandatanganan penyatuan puluhan organisasikepanduan ke dalam Gerakan Pramuka sehingga tanpa harus menunggu kepulanganSoekarno? Pertanyaan yang sampai sekarang belum dijelaskan kepada publik secaragamblang. Konon versi keputusan presiden yang akhirnya diterbitkan berbedadengan draf yang masuk ke staf kepresidenan. Adalah H. Mutahar yang memberikaninformasi adanya draf yang berbeda itu kepada Sri Sultan dan akhirnya mendesakPejabat Presiden untuk segera menandatangani Keputusan Presiden 238 tahun 1961sebagaimana kita kenal sekarang ini.

Namun demikian pada tanggal 14 Agustus 1961 tohakhirnya Presiden Soekarno menyerahkan panji-panji Gerakan Pramuka kepada SriSultan Hamengkubuwono IX sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yangpertama. Tanggal itulah yang kemudian diperingati menjadi Hari Pramuka.

Dari rentetan panjang terbentuknya GerakanPramuka, masih tersisa satu pertanyaan besar, dimanakah naskah asli KeputusanPresiden Nomor 238 Tahun 1961 disimpan? Sampai sekarang tidak ada yang bisamenjelaskan. Informasi tentang naskah asli Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun1961 sekabur naskah asli Supersemar.

Jika pada awalnya terdapat keputusan politikuntuk membersihkan sisa-sisa paham Baden Powell, maka tugas yang diemban SriSultan adalah membersihkan pengaruh komunis pada tubuh Gerakan Pramuka. Karenapada proses awal pembentukannya Gerakan Pramuka dipandang sebagai organisasiyang potensial bagi komunis untuk mengembangkan sayapnya.

Pergulatan politik itulah yang akhirnya membawaGerakan Pramuka masuk di sekolah pada awal masa orde baru. Dikhawatirkan akanditunggangi oleh eks-PKI, maka Gerakan Pramuka dititipkan di sekolah. Sehinggabermunculan Gugusdepan yang berpangkalan di sekolah sebagaimana kita kenalsekarang ini. Dan ini akhirnya menjadi gerakan yang sifatnya masif bahkan siswadiwajibkan mengikuti kegiatan kepramukaan atau minimal menggunakan seragampramuka pada hari tertentu di sekolah